Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Islam Riau

DPPM UIR Laksanakan Workshop Tingkatkan Kemampuan Dosen Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi

Semakin banyaknya artikel ilmiah bereputasi yang dipublish oleh dosen pada suatu perguruan tinggi tentu akan menjadi salah satu penilaian yang penting dalam menentukan kualitas serta peringkat suatu perguruan tinggi, tak jarang dengan semakin banyaknya artikel ilmiah yang berhasil di publish maka akan mempengaruhi juga kualitas sumber daya manusia di perguruan tinggi tersebut. Maka dari itu, kemampuan para akademisi khususnya para dosen pada sebuah universitas dalam menulis artikel ilmiah serta mempublikasikannya pada jurnal internasional yang bereputasi perlu selalu ditingkatkan.

Berangkat dari semangat meningkatkan mutu perguruan tinggi dan mendukung visi UIR menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Islam Riau mengadakan workshop Penulisan Karya Ilmiah Internasional Bereputasi yang diselenggarakan selama dua hari dari Kamis (15/9/2022) dan Jumat (16/9/2022) bertempat di Ruang Auditorium Gedung Rektorat Lantai 4 Universitas Islam Riau.

Hadir membuka jalannya workshop yang dilaksanakan DPPM UIR, Wakil Rektor 3 Dr. Admiral, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan penulisan ilmiah merupakan satu indikator penting dalam menyusun angka kredit jabatan fungsional dosen

“Penulisan ilmiah merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan kualitas dan peringkat perguruan tinggi, menulis artikel ilmiah bereputasi apabila sudah di publish tentunya akan bermanfaat serta menjadi komponen penting dalam penyusunan draft untuk mengurus peralihan jabatan fungsional untuk para dosen, selamat mengikuti workshop penulisan artikel ilmiah pada hari ini, semoga dengan mengikuti workshop ini dapat membawa manfaat serta artikel yang sudah dibuat bisa segera di submit serta di publish” ujar Admiral

Dalam workshop pelatihan artikel ilmiah diikuti oleh sekitar 40 orang dosen dari sembilan fakultas selingkungan UIR, DPPM UIR menghadirkan dua narasumber masing – masingnya yaitu Prof. Dr. Erman Taer, S.Si., S.i., yang merupakan Guru Besar Universitas Riau (UR) Prodi Fisika serta Prof. Dr. Heri Retnawati, S.Pd., M.Pd., adalah Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prodi Pendidikan Matematika.

Pada hari pertama kegiatan diisi dengan penyampaian materi oleh kedua narasumber yang dibagi menjadi empat sesi ada pula materi yang disampaikan diantaranya Etika Penulisan Artikel Ilmiah, Evaluasi Naskah dan Menakar Kebaruan Hasil Penelitian, Pendahuluan Pendekatan dan Metode. Lalu di hari keduanya para peserta akan mengikuti pendampingan langsung oleh para narasumber terkait menyampaikan hasil telaah pendamping kepada para peserta dan perbaikan naskah.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Skip to content