Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Islam Riau

Tingkatkan Kemampuan Dosen Dalam Menulis, UIR Selenggarakan Seminar Penulisan Artikel Berskala International

Universitas Islam Riau (UIR) terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan UIR, salah satunya dengan menyelenggarakan Seminar Penulisan Artikel Berskala International 2023 bagi dosen di lingkungan UIR. Kegiatan seminar berlangsung di Gedung Rektorat lantai IV, Selasa, (24/01/2023).

Seminar mengusung tema “Tips dan Trik Menulis Artikel Berskala International Bereputasi” yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor (WR) III Dr. Adimarl, S.H., M.H. Dalam sambutannya WR III menyebut bahwa dosen tidak hanya memiliki kewajiban untuk menjalankan Chatur Dharma perguruan tinggi, namun juga diwajibkan untuk menulis, dan kemudian di terbitkan di jurnal bereputasi baik.

“Jadi tugas dosen tidak hanya menjalankan catur dharma perguruan tinggi, tapi juga menulis. Untuk itu dilakukan seminar yang bertujuan untuk memperbaiki tulisan dosen selingkungan UIR agar bisa diterbitkan di jurnal yang bereputasi”, sebut Admiral saat memberikan sambutan.

Melalui seminar Seminar Penulisan Artikel Berskala International 2023 Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UIR Dr. Arbi Haza Nasution, B.IT.,M.IT berharap dapat menambah pengetahuan dosen dalam memperbaiki kualitas tulisan, sehingga bisa terbit di jurnal yang memiliki reputasi tinggi karena hal ini akan berdampak pada kemajuan Universitas.

“Kami berharap setelah kegiatan ini akan banyak tulisan dosen yang dimuat di jurnal internasiotional nantinya, karena tulisan yang dimuat tidak hanya bermanfaat bagi pembaca tapi juga bermanfaat untuk rekormisi lembaga kita sesuai dengan misi UIR menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Taqwa”, jelas Direktur DPPM.

DPPM UIR mendatangkan Prof. Mohammad Basyuni selaku Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Sumatra Utara (USU) sebagai narasumber seminar. Prof. Mohammad Basyuni juga menjabat sebagai Pusat Unggulan Iptek Mangrove USU. Dalam seminar tersebut ia menjelaskan bagaimana tips dan trik untuk menulis artikel yang memiliki reputasi tinggi berskala international.

Untuk mendapatkan tulisan yang baik dan berkualitas dimulai dari membisakan diri atau menjadikan menulis sebagai habits dalam ke hidupan sehari –hari. Selain itu diperlukan juga kecekatan dalam membaca untuk mengupdate informasi terbaru dan terkini dalam menulis.

Hal yang harus dimiliki oleh dosen sebagai penulis di era 4.0 yaitu kemampuan dalam menggunakan aplikasi apikasi terbaru seperti mendeley untuk membuat daftar pustaka secara otomatis sesuai standar, aplikasi turnitin untuk memeriksa keabsahan tulisan, quillbot, plagiarism checker, zotero, dan lain – lain.

Prof. Mohammad Basyuni juga menjelaskan terdapat beberapa media sosial yang harus peneliti pahami sebagai reference dalam menulis yaitu research gate, orcid, Sci Profiles, Clarivate Web of Science, Sinta, Live DNA, Linkedin, Loop. Google Scholar, dan lain –lain.

Sedangkan yang menjadi siklus penerbitan terdiri dari pre submission, submission, dan post submission.Bahan persentasi lain yang dijelaskan oleh Prof. Mohammad Basyuni saat seminar juga mengarah pada evaluasi naskah diri, penulisan state of the art, penyampaian hasil dan pembahasan dalam tulisan, cara menulis abstrak, serta tips untuk mencari jurnal yang sesuai.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Skip to content